Kotoran Cacing Part 1 : Sebuah Kesalahan

Hari ini aku mulai membaca buku berjudul “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya”. Penulisnya adalah Ajahn Brahm. Katanya bukunya bagus sekali tentang kehidupan di dunia ini. Aku akan berbagi inspirasi yang aku dapat dari setiap cerita di dalamnya.

Bab 1 “Dua Bata Jelek”

Sadarkah kita bahwa kita adalah manusia yang tidak sempurna. Kita memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Tetapi, banyak orang, termasuk aku juga lebih cenderung melihat kekurangan.

Sekarang ambil kertas putih, dan buat lingkaran hitam di tengah.

Apa yang kalian lihat?

Titik hitam itu kan?

Sekarang yuk sama-sama belajar untuk tidak terjebak di dalam kesalahan kita atau kesalahan orang lain.

Ayo bergerak maju. Jangan terlalu lama terlarut dalam kesedihan. Jangan terlalu lama terlarut dalam penyesalan. Jangan terlalu lama terlarut dalam kemarahan. Jangan terlalu lama menyalahkan diri sendiri. Jangan terlalu lama menyalahkan orang lain.

Terima kesalahan itu. Maafkan diri kita ataupun orang lain. Ambil pelajaran dari kesalahan itu. Kita tetap berharga di mata Tuhan. Jangan sampai kesalahan itu membuat kita tidak bisa maju. Jangan sampai kesalahan itu membuat kita jadi menyerah dan putus asa. Perbaiki kalau bisa, kalau tidak bisa, terima saja dan jangan dipikirkan lagi.

Kita masih memiliki kesempatan untuk berubah. Kita masih memiliki banyak sisi baik di dalam diri kita. Orang lain masih memiliki banyak sisi baik di dalam dirinya. Ambil sisi positif nya. Kita memang tidak bisa mengubah orang lain, tetapi jadilah dirimu yang lebih baik.

62 total views, 2 views today

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: