Kotoran Cacing Part 2 : Kesempurnaan

Aku membaca buku berjudul “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya”. Penulisnya adalah Ajahn Brahm. Katanya bukunya bagus sekali tentang kehidupan di dunia ini. Aku akan berbagi inspirasi yang aku dapat dari setiap cerita di dalamnya.

Bab 2 “Taman Kuil”

Apa itu kesempurnaan? Apakah semua berjalan dengan baik itu sudah sempurna? Apakah hasil yang cantik itu sudah sempurna? Apakah tidak pernah melakukan kesalahan itu sudah sempurna?

Harapan kita memang kesempurnaan adalah tidak ada kesalahan, semuanya baik, semuanya indah, semuanya berjalan dengan lancar, semuanya sesuai yang kita inginkan, semuanya sehat, semuanya berhasil.

Tetapi, pada kenyataannya, tidak ada kesempurnaan di dalam hidup ini. Ada kebahagiaan, ada kesedihan. Ada hal baik, ada hal buruk. Ada kebaikan, ada kejahatan. Ada kasih sayang, ada kebencian. Ada yang berjalan sesuai keinginan kita, banyak yang tidak. Ada yang sehat, ada yang sakit. Ada yang usahanya gagal, ada yang berhasil. Ada yang dilakukan dengan benar, ada yang dilakukan dengan salah. Harapan kita ada yang terkabul, ada yang tidak terkabul.

Ketidaksempurnaan itu justru membuat hidup ini menjadi sempurna. Tanpa kesalahan, tidak ada pelajaran. Tanpa kesakitan, tidak ada rasa syukur karena sehat. Tanpa kegagalan, tidak ada kesuksesan. Tanpa kesusahan, kita tidak akan mengerti arti kebahagiaan. Kalau harapan kita semua terkabul, kita pikir akan lebih baik, padahal belum tentu.

Terimalah ketidaksempurnaan di dalam dirimu, di dalam diri orang lain, di dalam hidup ini. Tetap bersyukur karena ketidaksempurnaan itulah yang membuat hidup ini menjadi sempurna.

55 total views, 2 views today

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: